Lima Atlet Woodball Denpasar Ditarget Raih Emas pada ke PON XXI/2024

Denpasar, Berita Sirkulasi – Pembukaan Kejuaraan Woodball Walikota Cup XIV berlangsung di lapangan Lumintang Denpasar pada Kamis (9/5/2024), diikuti mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA serta bebrapa Club yang ada di kota Denpasar. Untuk SD sendiri jumlah atlet woodball yang ambil bagian sebanyak 165 orang, untuk SMP sebanyak 121 orang dan SMA sebanyak 55 orang. Wali Kota Cup inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya Tim Woodball Porprov Bali dari Kota Denpasar.

Hadir lima atlet woodball Kota Denpasar dipastikan memperkuat tim woodball Bali ke ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut. Mereka adalah AA. Ngurah Rama Smara Kencana Raja, Ni Luh Manik Purwati, Ni Putu Dewi Swastini, Ni Nengah Emmy Septia Wulandari dan Ni Putu Ayu Niken Sukmawati.

Ketua Indonesia Woodball Association (IWbA) Kota Denpasar, I Ketut Sumajaya mengatakan, dari tangan mereka diharapkan woodball Bali mendulang dua medali emas sesuai hasil saat Babak Kualifikasi (BK) PON belum lama ini.

“Jujur saya sebenarnya tidak terlibat langsung di PON kali ini. Namun dengan hasil Pra-PON (BK PON) kemarin, paling tidak mereka juga harus punya target dapat emas,” kata Sumajaya ditemui di sela Wali Kota Cup Woodball, di Lapangan Lumintang Denpasar, Kamis (9/5/2024).

Ia mengakui untuk mendapatkan medali emas di PON nanti tidaklah mudah karena persaingan dengan daerah lain sangat ketat, yang itu berbeda dibanding saat BK PON tahun 2023 lalu.

“Pasti medali yang direbut atlet Bali dan juga Denpasar saat BK PON kemarin sudah jadi bidikan daerah kuat lain seperti Jawa Tengah atau Jawa Barat,” ucapnya.

Ditambahkannya, daerah lain pasti mencoba mencari kelemahan Bali agar bisa lebih unggul. Kebetulan saat BK PON, Bali juara umum satu. Selain diwakili lima atlet woodball, Denpasar juga mengirim seorang pelatih ke PON nanti, yakni I Made Agus Prawira Dinata.

“Namun sebelumnya masih tahapan seleksi terlebih dahulu setelah Porsenijar Bali pada Juni mendatang. Selain itu ada tambahan dari atlet-atlet woodball Kota Denpasar yang lolos ke PON XXI 2024, Sumut-Aceh,” katanya.

Terkait Porprov Bali XVI 2025, Sumajaya juga sudah mulai memetakan peluang dan mencari bibit andalan untuk woodball Denpasar. Selain dari Wali Kota Cup dan Porjar, atlet PON Bali juga akan otomatis masuk ke Tim Woodball Denpasar untuk Porprov Bali XVI 2025.

“Sementara ini memang belum ada timnya. Mungkin setelah Porjar Bali baru kami mulai bergerak dan masih dalam tahap seleksi. Untuk atlet PON, otomatis langsung masuk tim karena sudah masuk kriteria atlet unggulan,” pungkasnya. ade/red

Back to top button