Kopi Bali House Lahirkan Barista Berkelas Dunia di Bali

DENPASAR, BeritaSirkulasi – Untuk melahirkan Barista berkelas dunia, sekaligus membangkitkan gairah ekonomi dari ekosistem kopi di Bali, maka Bank Mandiri menggelar Mandiri Barista Jam Event di Kopi Bali House yang terletak Pertokoan Graha Niaga Sanur No 405 E, Jalan Bypass Ngurah Rai No.4 Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Denpasar, hingga pada Minggu malam (27/8). Ajang lomba Barista dengan tema “Ngopi Bersama dan Barsaing Menyeduh” mengumpulkan 60 Barista di Bali untuk diadu keahliannya dalam kecepatan meracik kopi dengan membawa bahan kopi andalannya sendiri untuk diracik menggunakan espresso mesin selama 2 menit menghasilkan 1 Espresso, 1 Cappucino dan 1 Piccolo tanpa mengurangi rasa, tampilan serta tidak lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan areal.

Pada kesempatan itu, Regional CEO Bank Mandiri Region XI Bali & Nusa Tenggara, Winardi Legowo mengakui turut andil menggelar Mandiri Barista Jam Event sebagai bentuk kontribusi Bank Mandiri untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi di Bali, khususnya di sektor UMKM. Apalagi sejatinya kopi itu tidak mengenal kalangan, sebab penikmat kopi dan penggguna kopi dari seluruh kalangan baik anak muda, orang tua, menegah bawah juga menengah atas menikmati kopi. Oleh karena itu, keterlibatan menggelar Mandiri Barista Jam Event, karena juga melihat sosok Owner Kopi Bali Wirawan Tjahjadi merupakan seorang Master Piece kopi di Bali.

“Sebenarnya pada Mandiri Barista Jam Event, kalau kita lihat lebih luas tidak hanya melibatkan para Barista saja. Sebab kalau bicara Barista sudah pasti bicara kopi dan bicara industri kopinya berbentuk Cafenya dan kami juga support ke sana. Makanya dijauh hari sebelumnya kami juga membantu pembiayaan modal di ekosistem kopi, dan setelah acara ini dirinya juga bertekad lebih intensif lagi bergerak,” ungka Winardi, seraya menambahkan untuk membangkitkan ekosistem kopi di Bali, pihaknya juga melakukan media promosi untuk kopi Bali. Sebab persoalan industri dan UMKM bukan hanya modal saja tetapi pemasaran juga harus dibantu dengan melakukan promosi dengan Livin Merchant, sebagai salah satu terobosan Bank Mandiri untuk memudahkan para pemesan dari pelanggan menggunakan sistem payment channel.

Di sisi lain, Owner Kopi Bali Wirawan Tjahjadi menjelaskan, event ini merupakan sebagai bentuk kepedulian dirinya guna menjadikan para Barista di Bali memiliki standar keahlian kecepatan dalam meracik kopi dengan memiliki rasa yang berkualitas, sehingga ke depannya Bali sudah memiliki Barista yang berkualitas dunia, agar ekosistem kopi di Bali bisa terus bergerak. “Saya sangat berharap dengan adanya event yang digelar bersama Bank Mandiri bisa memajukan ekosistem kopi di Bali, dengan target pecinta kopi dunia bisa datang ke Bali untuk menikmati kopi sambil berwisata,” ungkapnya disela-sela pembukaan Mandiri Barista Jam Event. Wirawan Tjahjadi yang akrab disapa Wewe sangat mengapresiasi Bank Mandiri yang telah menjadi sponsor tunggal.

Untuk itu, pihaknya bertekad untuk terus menggelar event barista bahkan dengan skala yang lebih besar. Komitmen tersebut dilakukan karena kondisi ekosistem di Bali sangat memprihatikan, di mana para pembisnis kopi di dunia membeli kopi di Bali dengan harga yang cukup murah, lalu diolah kembali dengan mereka dan dijual kembali ke Bali dengan harga yang sangat tinggi. Artinya, di Bali sendiri para penggerak kopi sangat minim pengetahuan tentang pengelolaan kopi serta penjualan kopi sendiri. “Untuk menggerakan memajukan ekosistem kopi di Bali, saya mulai dari hal kecil dahulu yaitu Mandiri Barista Jam Event, dan saya akan terus berkomitmen untuk terus menggelar event ini, untuk memperkenalkan kopi Bali,” bebernya.

(alx)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button