TKMFI 2023 Tampilkan 90 Karya Fotografi di ISI Denpasar

Denpasar, BeritaSirkulasi – 21 delegasi mahasiswa Prodi Fotografi dari 7 perguruan tinggi seni di Indonesia berkumpul dalam perhelatan Temu Karya Mahasiswa Fotografi indonesia (TKMFI) 2023 yang dihelat mulai 22-24 Agustus 2023 di ISI Denpasar. Ajang komunikasi dan forumĀ  tahunan ini, merupakan wadah memperluas jejaring yang dilakukan oleh mahasiswa fotografi di Indonesia, antara lain ISI Denpasar, ISI Yogjakarta, ISI Surakarta, ISI Padang panjang, Universitas Pasundan, Universitas Trisakti, dan Politeknik negeri media kreatif Jakarta.
Ketua Panitia TKMFI 2023, Made Prayitna Dwitya Suta menyampaikan bahwa acara mengusung tema “Askara Kanthi” yang bermakna Persahabatan cahaya, dengan harapan bahwa kegemaran fotografi dan pertalian akademis seluruh mahasiswa fotografi dapat terjalin semakin erat ke depan, sehingga dapat memunculkan berbagai eksperimen dan capaian kreatif yang baru di masa mendatang. Dede juga menjelaskan bahwa kegiatan yang kali ini dihelat oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Fotografi ISI Denpasar ini dirangkai dengan beragam, di antaranya Pameran, seminar, hunting foto, pertunjukan seni dan Forum Komunikasi untuk membahas program kerja tahunan, serta menentukan penyelenggara acara berikutnya.
Tercatat sekitar 90 karya fotografi turut dipamerkan di Nata Cita Art Space ISI Denpasar dengan tampilan berbagai genre fotografi yang memukau baik dari sisi kebaruan eksperimental, teknik cetak, tenik penyajian karya serta pemaknaan karya foto secara konseptual. keseluruhan karya telah melalui proses seleksi dan kuratorial yang ketat dari I Made Adi Darmawan, M.Sn. dan Dewa Krisna, M.Sn yang tercatat sebagai dua dosen muda di Prodi Fotografi ISI Denpasar.
Koordinator Program Studi Fotografi ISI Denpasar, Dr. I Made Bayu Pramana, M.Sn., selaku penasehat acara menyatakan bahwa sinergitas antar dosen, dan mahasiswa dibangun sejak lama pada prodi fotografi, sehingga persiapan acara serta berbagai kegiatan persiapan, sponsorship, penyusunan kegiatan hingga penggalian dana dan eksekusi acara dilakukan secara mandiri oleh Mahasiswa fotografi, hingga menelorkan kegiatan yang sempurna dari aspek beragam.
Di sisi lain, Dekan FSRD ISI Denpasar Dr. A.A. Gde Bagus Udayana, S.Sn., M.Si dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan acara seraya menyampaikan rasa bahagia atas pelaksanaan acara yang digarap dengan baik oleh mahasiswa fotografi ISI Denpasar. Agung Udayana juga mengingatkan bagaimana peran penting fotografi saat ini yang tidak dapat dilepaskan dari semua sisi kehidupan manusia.
Sementara itu, Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Adnyana, S.Sn., M.Sn., menyambut dengan hangat kehadiran penuh akrab semua delegasi peserta dari ISI Yogjakarta, ISI Surakarta, ISI Padang panjang, Universitas Pasundan, Universitas Trisakti, dan Politeknik negeri media kreatif Jakarta. Rektor menyatakan bahwa kegiatan serupa harus terus didorong dalam rangka pengembangan kreativitas dan keakraban mahasiswa Fotografi Indonesia. Rektor juga menyatakan salut atas inisiasi Mahasiswa Prodi Fotografi yang berhasil sukses menghelat acara dengan penuh kemandirian.
Usai sambutan pembukaan, seluruh hadirin disongsong oleh penari hanoman menuju ruang gallery Nata Citta Art Space ISI Denpasar untuk meninjau karya fotografi terbaik tampilan peserta. (alx)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button